Tuesday, November 5, 2019

Primbon Tanggal Lahir Bulan Dan Tahun Jodoh Masa Depan

Primbon Tanggal Lahir Bulan Dan Tahun Jodoh Masa Depan


Primbon Tanggal Lahir Bulan Dan Tahun Jodoh Masa Depan


Percaya atau tidak, tanggal lahir dapat membawa keberuntungan atau nasib baik bagi semua orang. Selain itu, tanggal lahir juga dapat melihat bagaimana pernikahan didasarkan pada karakter membawa seseorang. Apakah itu?

Seseorang dilahirkan pada waktu tertentu bukanlah hal yang spekulatif, melainkan semuanya sudah diatur dan dirancang dengan rapi oleh Yang Maha Kuasa. Ketetapan itulah yang nantinya menjadi dasar bagi pola hidup yang akan dijalani orang yang bersangkutan. Pola itu meliputi : perwatakan, jodoh, penyakit yang kerap diidap, dan sebagainya. Perwatakan merupakan pola hidup paling memungkinkan untuk dipelajari, karena ia merupakan gejala psikologis yang bersifat kongkrit. Sedangkan atribut kehidupan selain itu -seperti jodoh atau penyakit- sudah menjadi rahasia Kuasa. Maka kami kira pada bab - bab yang berkaitan dengan jodoh dan penyakit, primbon yang dibentuk Alam ini cuma menurut pada adat kebiasaan saja. Oleh karena banyak orang yang lahir pada ketika yang sama melainkan berbeda sifat, maka data di sini tak bisa 100% benar. Tetapi cuma beberapa saja. 


Aku sendiri lebih tertarik untuk menghitung tingkat keakuratan buku itu, alih - alih fanatik percaya terhadapnya. Seperti kata Hawking, "Sains menjadi indah ketika mampu menerangkan secara simpel fenomena atau relasi tiap-tiap amati yang berbeda" Terkait dengan ramalan atau semacamnya, hati saya bertanya "Apakah teori kekacauan yang membingungkan para fisikawan itu tak lain ketimbang kata - kata para peramal?"


Adapun tujuan penulisan kembali primbon ini merupakan -seperti yang saya singgung sebelumnya- untuk mengenal tingkat keakuratannya. Maka saya meminta supaya para pembaca memberikan informasi tingkat kecocokan primbon ini terhadap keadaan pribadi masing - masing. Terima kasih . . .


Berdasarkan buku ini, sifat seseorang diatur oleh ketika kelahirannya menurut : jam, hari, pasaran ( dalam sistem jawa), bulan, dan tahun.Waktu satu hari satu malam terdiri dari 24 jam, yang dibagi menjadi empat komponen, merupakan :

Jam 04.00 s/d 09.00 disebut pagi
Jam 10.00 s/d 15.00 disebut siang
Jam 16.00 s/d 21.00 disebut petang
Jam 22.00 s/d 03.00 disebut malam

Jikalau seorang bayi dilahirkan “pagi hari”, maka hidupnya semakin tua semakin bagus dan umumnya berwajah terang. Jikalau lahir “siang hari”, hidupnya pada masa muda beruntung melainkan agak pengecut.Sedangkan bayi yang lahir “petang hari” dan ”malam hari” hidupnya kurang beruntung dan umumnya berwajah agak gelap/tanpa sinar.

Sebetulnya bayi yang lahir pada waktu tengah malam (00.00) akan mendapatkan dua akibat, merupakan akibat hari sebelum dan setelah ia dilahirkan. Dikarenakan permulaan hari diawali pada waktu tersebut.

A. Berdasarkan hari dan pasarannya :

a) Hari

MINGGU : Keras hati, piawai bicara, cinta, dan lapang dada terhadap sesama.Ada kemungkinan menjadi kaya dan panjang umur.

SENIN : Pekerti lemah, pemalu dan pengecut, melainkan bila berdiskusi berpangaruh.Suka bertingkah bagus dan ikhlasan. Sekalipun pemalu melainkan piawai dalam berprofesi.

SELASA : Pendiriannya tak tetap, menyukai usil, dan gampang sakit hati melainkan ikhlasan.Hidupnya kurang berbahagia, karena banyak rintangan dan cobaan dalam hidupnya.

RABU : Sifatnya tenang simpel, bila bagus bukan main pantasnya, banyak rejeki, dan menyukai belajar sehingga banyak ilmu.

KAMIS : Suka disanjung sekalipun sifat itu tersembunyi, gampang naik pitam, melainkan bagus budinya.Bicaranya ditakuti dan akan mendapatkan kedudukan tinggi dalam pekerjaan atau usahanya, sehingga ia tenar di dalam masyarakat.Mudah menghasilkan angan-angannya.

JUM’AT : Sifatnya halus, cinta dan dicintai sesama, sukamencari ilmu, ikhlasan, menyukai bertapa dan berani menderita. Tubuhnya kuat, dan dalam romansa gigih besar.

SABTU : Berkepala batu, menyukai membandel, pikirannya agak tumpul, dan menyukai mengambil kemauannya sendiri, sehingga kerap ditakuti dan dibenci orang. Tetapi ia cukup bertanggungjawab dan piawai dalam berprofesi, berbakat dagang.

b) Pasaran

PAING : Jago, tak berharap dikalahkan, gampang naik pitam, menyukai menyendiri jauh dari pergaulan, kerap dikibuli dan banyak musuh serta pamrih.

PON : Suka disanjung, ikhlasan dan tak berharap merugikan orang lain. Bicaranya berdampak, melainkan bila naik pitam sukar diredakan dan pendendam.

WAGE : Keras hati dan besar mulut, tak pernah puas, agak jorok, kerap lupa pada keluarga, gampang kena fitnah,melainkan ia piawai.

KLIWON : Loyal, berpendirian kuat,perasaannya dalam dan bersar kemauannya, banyak akal sehingga piawai berusaha di manapun ia berada. Tetapi sifatnya kadang-kadang buruk, dan kadang-kadang bagus.

LEGI :Mudah menyesuaikan diri dengan orang atas ataupun orang bawah, kaya ataupun miskin. Baik budi, sehingga banyak disukai orang, awas dan penurut, berhati-hati. Baru curiga setelah kena tipu.Berkeinginan mendapatkan dan memberi, melainkan besar pula ruginya.


B. Tanggal

Tanggal 01 : Pemberani, berinisiatif tinggi, punya jiwa pemimpin. Percaya pada kemauannya sendiri, tak menyukai bertumpu pada orang lain.

Tanggal 02 : Suka membantu dan berprofesi sama. Punya sifat penyayangdan tak ragu-ragu untuk mengutarakan perasaannya. Suka memperhatikan kepentingan dan keinginan orang lain.

Tanggal 03 : Jago bergaul/bermasyarakat.Suka dikelilingi oleh sahabat-sahabatnya, dan takut kesepian. Kemahirannya menonjol,sehingga banyak disenangi orang.

Tanggal 04 : Bisa dipercaya dan tak pernah mengecewakan orang lain. Amat aktif dan rajin berprofesi,serta bijak.

Tanggal 05 : Memiliki kelebihan ketimbang orang lain, dan semua sesuatu yang dijalankan bersifat tepat dan efisien. Amat waspada dan berjiwa modern.

Tanggal 06 : Suka memperhatikan keluarga dan rumahtangga. Berkeinginan senantiasa membahagiakan orang-orang yang dicintai pun ia rela berkorban. Keberesan dan kerukunan merupakan falsafah hidupnya.

Tanggal 07 : Amat pendiam, tak menarik perhatian. Suka ilmu kebatinan dan mistik. Jiwanya halus, menyukai menghargai estetika, dan kritis terhadap seni.

Tanggal 08 : Jago dan jujur dalam segi keuangan. Suka membantu.Bertalenta menjadi pemimpin.

Tanggal 09 : Amat berbakat di bidang mistik kebatinan. Jago dan berbakat di bidang sastra dan musik.Perjalanan akan memperluas pandangan hidupnya.

Tanggal 10 : Memiliki kekuatan mental,tangkas, dan penuh kekuatan.Kali sukses dalam usaha, karena ia punya kelebihan ketimbang orang lain.

Tanggal 11 : Bertalenta di bidang magnetis dan punya angan-angan yang tinggi. Tetapi gampang tersinggung. Jago menjalankan sesuatu.

Tanggal 12 : Jago menarik hati orang dan bijak. Punya moral dan moral yang tinggi serta luhur. Kehidupan sosial sungguh-sungguh disenanginya.

Tanggal 13 : Aktif dan rajin berprofesi,piawai memimpin masa. Amat hati-hati dan kerap sukses dalam usaha.

Tanggal 14 : Benci pada sifat bohong, ia sungguh-sungguh jujur. Jiwanya terbuka dan berbakat jadi kritikus.

Tanggal 15 : Sayang pada keluarga, rumahtangga, dan sahabat-sahabat. Amat bertanggungjawab dan berharap berkorban.

Tanggal 16 : Brilian dan intelek, melainkan kurang sabaran. Bersuka kedisiplinan dan keharmonisan. Berjiwa sosial melainkan jarang diperlihatkan.

Tanggal 17 : Ulet dan pemberani. Perasaannya halus dan kerap sukses dalam usaha-usaha yang bagus.

Tanggal 18 : Jago dan patut di percaya. Punya cita-cita tinggi.

Tanggal 19 : Cukup piawai dan pandangan hidupnya luas. Kali sukses dalam usaha pekerjaannya.

Tanggal 20 : Loyal dan penyayang, maka banyak orang yag mencintainya. Suka berkorban dan lebih mementingkan orang yang disenanginya.

Tanggal 21 : Punya kepribadian yang menarik. Sedangkan menyukai mementingkan diri sendiri, melainkan menyukai membantu orang lain bila perlu. Bersuka bergaul dan berjiwa sosial.

Tanggal 22 : Bertalenta mendidik, banyak akalnya, percaya pada diri sendiri.

Tanggal 23 : Periang, piawai berdiskusi dean mengutarakan pendapatnya, sehingga
banyak orang yang kagum. Suka merdeka dan tak berbahagia diikat.

Tanggal 24 : Cinta keluarga dan rumahtangga, serta berbahagia hidup rukun tenteram. Tetapi gampang tertipu.

Tanggal 25 : Cinta kebenaran, jujur, dan loyal. Pendiam dan gerakannya agak lamban.

Tanggal 26 : Bersuka memperhatikan orang yang dicintainya. Senantiasa memperhatikan kesejahteraan rumahtangganya. Kali sukses dalam usaha dan karirnya.

Tanggal 27 : Berpandangan luas, banyak pengalaman, dan berbahagia ilmu kebatinan.

Tanggal 28 : Kehidupannya dalam masyarakat menonjol. Jiwanya polos, memiliki kekuatan untuk mengadakan perubahan yang menguntungkan.

Tanggal 29 : Kesederhanaan merupakan dasar bagi hidupnya. Kali sukses di biang sosial.

Tanggal 30 : Suka mengabdi pada kebenaran dan banyak rejekinya.

Tanggal 31 : Bersuka berprofesi dengan bebas tak terikat. Bertalenta dalam bidang kepemimpinan, karena percaya pada diri sendiri. Jago perasaannya cukup halus.

C. Bulan

JANUARI : Jago berpikir dan berbakat jadi pemimipin. Amat pantas dengan usaha dagang, dan bagus pula bila jadi guru. Baik hatinya dan menghargai orang lain. Periang melainkan gampang mendapatkan susah. Jikalau hatinya susah sukar dihibur, soalnya dipikir dalam, sekalipun tahu bila itu tak ada gunanya.
Jago bicara dan piawai menaruh rahasia. Amat sungguh-sungguh telaten, sekalipun dengan urusan yang kecil-kecil. Amat teliti dan hati-hati dengan urusan uang. Punya kekuatan pikat yang besar, sampai banyak orang yang mencintainya. Bersuka ia tak berbahagia dengan pekerjaan yang senantiasa diperintah orang lain, ia senag berprofesi dengan pikirannya sendiri. Lagipula ia tak gampang kena akibat bujukan orang lain.

PEBRUARI : Kepandaian yang bisa dibanggakan cuma satu bidang saja. Bersuka tukar pikiran dan menghargai orang lain. Jikalau itu ia menyukai pelesir dan humor, menyukai berpakaian serba indah. Ia berharap bergaul lapang dada sampai hati (lahi batin), melainkan bila bermusuhan tak gampang didamaikan.
Punya potensi terkena rematik dan gatal pada tubuhnya, maka bila dingin patut berpakaian hangat. Amat berbahagia bertingkah sendiri, berharap memerintah, melainkan tak berharap diperintah orang lain. Amat seolah-olah punya kekuatan mata (hypnotische macht) yang berkekuatan gaib. Bersuka harta dan pangkat serta menyukai memuji diri sendiri. Amat berbakat jadi dokter jiwa atau tabib, dan pantas jadi pakar peraturan serta pakar ilmu obat-obatan.

MARET : Punya keahlian di bidang pertukangan atau tehnik. Jago berbahagia pengetahuan agama atau pengetahuan lainnya. Cinta pada sesama, jujur tak pernah berbohong. Bersuka estetika bahasa (sastra), maka banyak yang jadi pengarang. Jikalau membantu tak tanggung-tanggung, maka banyak orang yang menyenanginya.
Amat bisa dipercaya dalam mengatur urusan penting umpamanya di bidang keuangan atau administrasi. Sebelum berusia 35 tahun kerap menderta sakit, melainkan setelah berusia 35 tahun tak pernah/jarang sakit dan bisa panjang umur. Jikalau piawai mencari pekerjaannya ia bisa kaya.
Sayangnya ia gampang “susah\\\" bila sedih ia sukar dihibur. Jago ia gampang putus hasrat.

APRIL : Jago berpikir, banyak pendapatnya/masukannya. Maka ia berbakat dengan pekerjaan yang membutuhkan kekuatan pikir. Jikalau ia berprofesi dengan perintah orang, pun keder. Jikalau piawai mengatur rumahtangga dan tabah serta sayang pada keluarga.
Tetapi menjadi kepala perusahaan melainkan ia menyukai menuruti kehendaknya sendiri.
Ia jodoh berbahagia memilih orang yang rajin dan piawai mengatur rumah-tangga, serta patut taat pada instruksinya, karena bila tak ia gampang naik pitam. Ia punya musuh tak berharap atau tak gampang memberi ampun. Jago ia gampang bosan, tak sabaran. Tetapi bila terhadap orang yang dicintainya ia bersikap sungguh-sungguh tabah, pun sampai menurunkan derajatnya. Berkeinginan berprofesi yang berat-berat, melainkan bila berprofesi lupa pada kesehatannya. Mungkin karena ia dappat membendung rasa sakit itu.
Laki-laki yang lahir bulan April ini banyak untung dan gampang cari uang, melainkan gampang membuangnya. Bersuka berpakaian bagus dan berbahagia bergaul dengan orang lazim.

MEI : Tetapi membendung hawa nafsu dan angkara naik pitam. Ia bicara manis dan menarik. Bersuka barang-barang yang bagus dan makanan yang nikmat-nikmat. Tetapi untung besar bila berprofesi di bidang pengarang, kedokteran, atau perdagangan. Jikalau kurang memperhatikan keperluan orang lain, karena banyak urusan pribadinya. Bersuka ia berbahagia berprofesi di bidang yang disenanginya. Akan melainkan bila pekerjaan itu tak pantas, maka ia jadi malas. Amat menyukai berprofesi sendiri tanpa diperintah orang lain, maka ia akan lebih beruntung bila bisa jadi pimpinan.
Ia memang piawai dan rajin berprofesi cuma sayangnya punya watak pemboros demi kesenangannya sendiri.

JUNI : Jago di bidang ilmu agama dan ilmu pemerintahan. Bersuka mengharapkan sesuatu yang tak ia kerjakan, yang alhasil bisa mendatangkan kesusahan diri sendiri.
Kebanyakan menyukai bepergian ke luar negeri. Jikalau sudah berusia 35 tahun bisa mengumpulkan harta. Pada umumnya menyukai kawin di umur muda. Amat tak percaya pada orang lain. Jago ia bisa memiliki umur panjang bila berharap mencintai diri sendiri dan mencintai orang lain. Sayangnya ia gampang terserang penyakit perut. Jago sayang ia tak bisa mengatur diri sendiri, lagipula ia “antepan” dan tak berharap bertukar pikiran dengan orang lain.

JULI : Punya kekuatan pikir yang tajam untuk merencanakan pekerjaan yang besar. Tetapi mencukupi keperluan rumah-tangganya dan bisa membantu saudara-saudaranya. Amat jujur, bagus hati, melainkan takut melarat. Suka berpikir bila sendirian di rumah.
Ciri khasnya ia berbahagia “pelancongan”. Amat piawai berceramah di depan orang banyak. Maka banyak yang jadi tokoh pergerakan. Bersuka punya barang-barang figur baru dan modern. Bersuka berpakaian indah, dan berbahagia pula rumah yang bersih dan indah. Amat piawai di bidang tehnik dan bisa jadi pemimpin perusahaan.
Tetapi gampang terkena penyakit tenggorokan, paru-paru, dan ginjal. Untung ia sungguh-sungguh kuat membendung sakitnya. Amat berbahagia disanjung. Kadang-kadang kejam dan menyukai membalaskan dendam hatinya. Bersuka gampang berubah tujuan. Amat memang piawai membri figur pada si kecil-si kecil dengan tujuan yang bagus.

AGUSTUS : Hatinya bagus dan “prasaja” terhadap keluarga, saudara, dan tetangga. Berperasaan halus dan gampang tertarik. Bertujuan luhur lahir batinnya, punya kekuasaan besar. Tetapi dipercaya di bidang perdagangan. Jikalau bisa berumur panjang, melainkan patut bisa menjaga kesehatan perut dan kepala.
Hatinya senantiasa berbahagia dan bisa menarik perhatian orang, sehingga disenangi orang banyak. Kali mendapatkan untung besar bila berprofesi dengan bagus.
Bersuka belajar, berfoya-foya, dan berbahagia makan di tempat ramai. Sayang, bila meminjam kerap lupa mengembalikan. Ia berpakaian simpel.
Dalam berdiskusi, ia berbahagia mendebat lawannya entah debatannya betul atau salah. Amat pada dasarnya memang rajin berprofesi. Tetapi berprofesi jadi pengarang, penyanyi, dan sutradara. Bagi pria pantas berprofesi menjadi juru bayar makelar, dan mendirikan perusahaan.

SEPTEMBER : Sifatnya jujur, cinta pada sesama, dan bagus budi pekertinya, sehingga dihormati orang. Bersuka peraturan-peraturan yang bagus. Punya bakat jadi guru, piawai di bidang musik, dan piawai mendidik si kecil-si kecil. Jago menaruh rahasia pribadi dan orang lain.
Pria yang lahir bulan September bisa jadi pakar obat-obatan, wartawan, dan pakar pidato. Bersuka menaruh uang, dan berbahagia mengeluarkan uang untuk menyenangkan hatinya. Tetapi ia gemar memberi. Kali rekreasi dan cari hiburan. Wataknya periang, sehingga ia menonjol awet muda. Tetapi ia menyukai makan dan minum yang berlebihan. Otaknya memang cerdas dan kerap banyak untung.

OKTOBER : Jago bicara dan bagus budinya. Jikalau berprofesi sendiri bisa sukses, melainkan bila orang lain ikut serta campur jadi keder. Ia berharap membantu orang yang disenangi, melainkan terhadap orang yang dibenci menyukai mengejek.
Ia wanita kurang sabaran, bisa tabah sekali bila terhadap orang yang disenanginya.Bersuka boros bila mengatur uang. Tetapi berbakat di bidang musik. Tajam pikirannya, bisa mengerti pikiran orang lain. Bersuka berpakaian yang bagus-bagus tanpa mengukur kemampuannya sendiri.
Tetapi hidup rukun dengan kekasih dan keluarganya bila kamauannya dikontrol dengan bagus. Jikalau berprofesi tak berharap dipaksa orang lain bila bukan kemauannya sendiri.

NOPEMBER : Jago terhadap semua urusan. Tetapi membendung hawa nafsu. Bicaranya menarik dan bisa memberi pengaruh orang. Amat berbahagia estetika dunia, berbahagia berpakaian bagus, dan berbahagia dipuji. Tetapi jadi pengarang, pelukis, pakar peraturan, dan dokter. Bersuka menimbun pekerjaan yang alhasil tak bisa diselesaikan. Tetapi berprofesi dengan bagus bila mendapatkan kebanggaan, karena pada dasarnya memang berbahagia dipuji. Amat sebenarnya pemalas dan berbahagia menggosip orang.
Tetapi mendapatkan untung besar bila mendapatkan pekerjaan yang besar dan sukar. Ia tergolong piawai dan manis. Amat juga berbakat mendongeng cerita-cerita fiksi. Boros dengan uang, berbahagia “bepergian”, dan bersaudara. Ia akan membuka pekerjaan sebaiknya diawali bulan Januari atau Juli, dan harinya Selasa.

DESEMBER : Bersuka mengikuti (ikut serta-ikutan) dan percaya pada orang lain. Kurang sabaran dan gampang bosenan, melainkan tak punya rasa dengki dan dengki, karena hatinya jujur, dan ia juga rajin. Jikalau berprofesi ia punya sistem-sistem sendiri yang lain ketimbang yang lain. Amat punya pandangan yang luas mengenai apa saja. Jikalau dianugerahi panjang umur dan senantiasa sehat. Amat berbakat di bidang seni musik dan seni-seni lainnya. Jikalau berharap belajar seni bisa menempuh sarjana. Ia sudah cinta bukan main besarnya, melainkan bila sudah membenci susah untuk diajak tenteram.
Wanita Desember piawai mengatur rumah-tangga. Hatinya jujur dan lugu, bila janji pasti ditepati. Amat mendambakan kebenaran dan keadilan.